Selasa, 02 Oktober 2012

Tugas 2 Database System

Nama        : Ikhwan Darmawan
Kelas        : TKJ 1B
Mata Kuliah : Database System
Dosen       : Achmad Bachris


1.  Arsitektur system basis data ialah struktur system suatu basis data yang terbagi menjadi tiga, yaitu :
·         Internal/Physical Level: berhubungan dengan bagaimana data disimpan secara fisik.
·         External /View Level : berhubungan dengan bagaimana data di representasikan dari sisi setiap pengguna dan merupakan level pengguna.
·         Conceptual/Logical Level yang menghubungkan antara internal & external level.

2.  Model data digunakan pada saat mendisain sistem basis data agar diperoleh basis data stabil dengan normalisasi penuh. Tujuannya agar data terhindar dari kesalahan-kesalahan seperti tidak kosisten, tidak akurat, dll.

3.  E-R model di dalam suatu objek terdapat atribut untuk menjelaskan struktur dan ciri data tersebut, sedangkan object-oriented model masing-masing objeknya terdapat nilai, metode, kelas, dan sending message, masing-masing objek tersebut memiliki fungsi yang berbeda. 

4.  Model relasional Pada model data relasional pemodelan menggunakan tabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data. Inti dari model ini adalah relasi, yang dimisalkan sebagai himpunan dari record.

Model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal),dan relasi antar data yang direpresentasikan oleh record & lin. Model ini menyerupai model hirarki. Perbedaannya terdapat pada suatu simpul anak bisa memilki lebih dari satu orang tua. Pada model jaringan, orang tua disebut pemilik dan anak disebut anggota.

Model hirarkis atau biasa disebut model pohon ini menggunakan pola hubungan dengan istilah orang tua dan anak. Setiap orang tua bisa memiliki satu (hubungan 1:1) atau beberapa anak (hubungan 1:M), tetapi setiap anak hanya memiliki satu orang tua. Simpul – simpul yang dibawahi oleh simpul orang tua disebut anak. Adapun hubungan antara anak dan orang tua disebut cabang. Perbedaannya adalah, record-record diorganisasikan sebagai tree (pohon) daripada graf.

Kesimpulan:
pada tiap model memiliki ciri yang berbeda. Seperti pada model relasional yang menggunakan table, model jaringan yang seperti pohon namun bisa memliki banyak orang tua dan anak, dan yang terakhir model hirarki yang hanya bisa memiliki satu orang tua-satu anak begitu sebaliknya.

5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar