Semester 2
1. Grafika Komputer
Lebih banyak mempraktekkan dengan aplikasi
Borland, membuat garis, animasi bergerak, koordinat, dan proyeksi.
Topik yang dipelajari :
Grafik dan
Komputer :
-
Pengguna Komputer
Grafik
-
Bagaimana gambar
pada computer dirancang dan ditampilkan
Pandangan menyeluruh tentang sistem grafis :
-
Perangkat Tampilan
-
Perangkat Hard Copy
-
Perangkat input interaktif
-
Display Processor
-
Perangkat Lunak Grafis
Grafik
Komputer Dasar :
-
Simple Pictures
-
Simple Graphs
-
Garis Lengkung
Atribut-atribut
Output :
-
Line Style
-
Color dan intensitas
-
Area Filling
-
Character Atributes
Intermediate
Graphics :
-
Transformasi Tampilan
-
Animasi
-
Tampilan berdasarkan window
Transformasi 2D :
-
Dasar-dasar Transformasi
-
Koordinat Homogen
-
Transformasi Majemuk
Konsep 3 Dimensi :
-
Sistem Koordinat
3D
-
Teknik
menampilkan grafik 3D
-
Paket-paket
Grafik 3D
Proyeksi :
-
Proyeksi Paralel
-
Proyeksi
Persfektif
2. Hukum dan Etika TIK
Mengajarkan pentingnya etika dalam dunia cyber
serta mengetahui hukum-hukum dan undang-undang yang berlaku , seperti haki, hak
cipta, dan lain sebagainya.
Topik yang dipelajari :
- Sejarah
dan Hukum Etika dalam TIK
- Invasi dan
Privasi
- Etika dan
Internet
3. Jaringan Komputer dan Komunikasi
Mata kuliah yang mempelajari komunikasi dengan
jaringan computer, baik itu media, area network, transceiver, receiver,dll.
Topik yang Dipelajari :
-
Pendahuluan / Pengenalan
-
Jaringan Komunikasi
-
Transfer Data
-
Media
-
Protokol
-
Data Encoding
-
Konversi Analog
-
Wide Area Network (WAN)
-
Interface Komunikasi Data
-
Multiplexing
4. Komputasi Numerik
Merupakan suatu perhitungan model
matematika terhadap suatu permasalahan yang ada, dengan menggunakan suatu alat
atau software pada komputer
Topik yang dipelajari :
-
Pendahuluan / Pengenalan
-
Deret Taylor dan Analisa Eror
-
Sistem Persamaan Non Linier
-
Matrix
5. Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan
Mata kuliah yang memfokuskan pada soft skill,
seperti bagaimana mengambil keputusan yang baik, cara seorang pemimpin bertindak,
dan diakhiri dengan laporan kreatifitas sesuatu yang baru.
Topik yang dipelajari :
-
Teori Pengambilan Keputusan
-
Potensi Diri
-
Manajemen Waktu
-
Manajemen Konflik
-
Leadership
-
Kepercayaan Diri
-
Inner Power
-
Bersyukur
6. Pemrograman Komputer
Lanjutan dari mata kuliah algoritma
pemrograman di semester sebelumnya, menggunakan aplikasi dev C++, pembuatan
program sederhana, hitung luas, dan praktek pengurutan data(sorting data)
Topik yang dipelajari :
-
Type data C++
-
Class
-
Array
-
Variabel
-
Rekursif
-
Sorting (ex : bubble sort)
7. Perbaikan dan Pemeliharaan(Repaire and
maintenance)
Adalah mata kuliah yang membahas manajemen
perbaikan dan pemeliharaan, jadwal pemeliharaan, redundancy.
Topik yang dibahas :
- Manajemen
Pemeliharaan
- Bentuk
Pemeliharaan
- Reability
- Maintainability
- Redudancy
- Failure
rate
- Mean-Time-To-Repair
(MTTF)
- Penyebab
Kerusakan
- Jadwal
Pemeliharaan
8. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Rekayasa perangkat lunak adalah satu
bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk
pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak
dan manajemen kualitas.
Topik yang dibahas :
-
Software Engineering
-
Software Matrics
-
Constructive Cost Model (COCOMO)
-
Software Quality
9. Pkn
Aihh, entah kenapa dan tak tau dimana
hubungannya, ada mata kuliahan ini lagi, dengan metode klasik, hapalan UUD 1945
, dan amandemen ama siapa coba? Ah sudahlahh.
Topik yang dibahas :
-
Filsafat Pancasila
-
Identitas Nasional
-
HAM
-
Demokrasi
-
Politik dan strategi
-
Geopolitik Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar