Jumat, 18 Juni 2010

Trik dan Tips sedikit dari ane !!!

Protect File & Folder (Pengirim : h4nsen)

Anda menginginkan folder yang benar benar pribadi dan tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak? di windows9x anda? masuklah ke lingkungan dos, masuklah ke direktori tempat folder yang ingin anda "kunci" misal: folder yang ingin anda kunci bernama "test" (tanpa tanda kutip) dan diletakkan di direktori C: maka masuklah terlebih dahulu ke direktori C, pada dos prompt anda, selanjutnya ketikkan perintah: ren test.* test(alt-255).* keterangan: alt-255 maksudnya, tekan tombol alt, sambil menekan angka 255 pada angka angka di bagian numlock. ingat, bukan angka angka di bawah tombol F1 - F12 bawah numlock, trik ini juga dapat dilakukan terhadap file. dengan trik ini, folder / file yang telah anda kunci tidak akan dapat dimodifikasi dalam lingkungan windows (baik dibuka, rename, maupun delete) untuk mengembalikan folder/ file menjadi normal, ketik: ren test(alt-255).* test.*

Variasi bagi prompt DOS (Pengirim : Felix)

Pengen prompt DOS yang lebih bervariasi ? Caranya mudah saja. Pertama klik Start - Run. Ketikkan sysedit, enter. Buka file config.sys. Tambahkan baris Device=c:\windows\command\ansi.sys. Buka file autoexec.bat dan tambahkan Prompt $e[s $e[1;1h$e[36m$d $e[K$e[7m$e[1;34H Path $p $e[1;67H$e[0m$t$e [u$e[1mPerintahku:$e[0m. Restart dulu untuk melihat perubahannya.

Shortcut dan folder tanpa nama

Anda pengen punya folder atau shortcut pada Windows 95/98/NT/2000/NE, tapi tidak terlihat namanya ? Caranya klik kanan lalu Rename pada folder atau shortcut yang ingin Anda ganti namanya. Kemudian ketikkan [Alt] + [0160] (ini adalah karakter spasi yang tak terlihat). Pada penulisan 0160 tersebut, Anda harus menggunakan angka-angka yang ada di keypad numerik (bagian kanan keyboard).

Menuliskan nama di Taskbar

Pengen nama Anda tertulis pada Taskbar Windows ? Anda bisa melakukannya ! Pertama, klik menu Start/Settings/Control Panel. Setelah berada pada Control Panel, klik ganda icon Regional Settings. Pindah ke tab Time. Pada kolom AM symbol dan PM symbol, ketikkan nama Anda, tapi maksimal 8 karakter termasuk spasi.

Membuat folder yang tersembunyi

Anda bisa membuat sebuah folder yang tersembunyi, baik di dalam DOS prompt maupun dalam Windows Explorer. Caranya, pindah ke MS-DOS prompt, lalu ketikkan mkdir yang diikuti dengan spasi. Tekan dan tahan tombol [Alt], ketikkan 0255, lalu lepaskan [Alt]. Pengetikan 0255 dilakukan dengan menggunakan keypad numerik.

Membuat icon dari .bmp

Kalau Anda sudah bosan dengan icon-icon yang Anda miliki Anda bisa mencoba icon yang lain yaitu dari file .bmp. Caranya, gantilah file .bmp tersebut menjadi .ico (misalnya gambar.bmp menjadi gambar.ico. Cara yang lain : misalnya Anda ingin mengganti icon dari suatu shortcut. Pertama klik kanan pada shortcut dan pilih Properties. Pindah pada tab Shortcut dan pilih Change Icon. Setelah itu browse ke folder yang menyimpan file .bmp Anda.

Menghapus isi disket dengan cepat

Untuk menghapus semua file yang ada pada disket dengan cepat gunakan cara berikut :

- Klik kanan pada desktop, pilih New Shortcut
- Ketikkan deltree /y a: pada Command Line, klik next, beri nama (misalnya) Hapus A:. Jangan lupa pilih iconnya. Terakhir klik Finish.
- Klik kanan shortcut tersebut, pilih Properties. Pindah ke tab Programs dan tandai Close on exit.

Untuk menghapus file pada drive A cukup klik pada icon.

Cara cepat menghapus recent document

Untuk menghindari orang lain mengetahui file-file apa saja yang barus saja kita buka, salah satu caranya adalah dengan menghapus recent document. Caranya sebagai berikut :
1. Buka Notepad.
2. Ketikkan : echo y| del C:\windows\recent\*.*
3. Simpan file pada sembarang folder, beri nama (misalnya) hapus.bat. Ingat, ekstensi harus bat.
4. Bikin shortcut file tersebut pada dekstop.
5. Klik kanan shortcut tersebut, pilih Properties.
6. Pindah ke tab Program.
7. Pada bagian Run, pilih Minimized.
8. Beri tanda check pada Close on Exit.
9. Klik OK.

Nah sekarang Anda bisa menghapus recent document dengan cepat, yaitu dengan mengklik shortcut yang telah Anda buat pada desktop

Menambahkan informasi pada System Properties

Saat Anda mengklik icon System pada Control Panel atau menekan tombol

Tips mempercepat pemanggilan aplikasi
Anda pasti mempunyai program-program favorit, dalam arti program yang sering sekali Anda gunakan. Misalnya MS Word, MS Excel, Corel Draw dan sebagainya. Untuk menjalankan aplikasi tersebut biasanya Anda harus mengarahkan mouse ke Start - Programs - Microsoft Word (atau yg lainnya).

Nah, kali ini kami akan memberikan tips cara menjalankan aplikasi favorit tersebut dengan mudah, hanya dengan menekan kombinasi tombol yang dapat Anda pilih. Langkah lengkapnya sebagai berikut:

1.
Klik kanan pada shortcut aplikasi yang Anda inginkan (biasanya terletak di Start - Programs), lalu pilih properties. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di samping.

*Pada contoh ini shortcut yang digunakan adalah shortcut untuk MS Word.




2.
Letakkan cursor mouse ke edit box Shortcut Key. Lalu tekan kombinasi tombol yang Anda inginkan.
Dalam contoh gambar di kanan, kombinasi tombol yang digunakan adalah Ctrl + Shift + W.



3.


Setelah itu letakkan cursor mouse di edit box Run. Terdapat tiga pilihan yaitu Normail window, Minimized, Maximized.
Maximized berarti aplikasi tersebut akan terbuka dengan ukuran window maksimal. Minimized berarti aplikasi akan terbuka dalam keadaan minimize.

4.
Jika sudah selesai tekan tombol Apply dan OK.

Mulai sekarang untuk membuka aplikasi yang Anda inginkan tinggal menekan kombinasi tombol yang telah Anda tentukan pada langkah ke-2 tadi. Selamat mencoba!

WinKey + Pause maka akan muncul kotak dialog System Properties. Di sana terdapat beberapa informasi mengenai komputer dan Windows Anda. Tapi tahukan Anda bahwa Anda bisa menampilkan gambar atau informasi pada System Properites ? Dengan tips di bawah ini Anda dapat dengan mudah melakukannya.

Caranya bikin file oeminfo.ini ke C:\Windows\System untuk Win 95/98 atau ke C:\Winnt\System32 untuk Windows NT. Adapun isi dari file oeminfo.ini adalah sebagai berikut :

[General]
Manufacturer=Komputer Rakitan
Model=Model Baru

[Support Information]
Line1=Ini baris pertama
Line2=Baris kedua
Line3=Silakan diisi dengan
Line4=text apa saja

Anda bisa mengganti tulisan yg terletak di sebelah kanan tanda sama dengan (=), dengan teks Anda sendiri. Anda bisa membuat baris sebanyak-banyaknya, dengan "menaikkan" angka di atas.

Untuk menambahkan image, bikin file bernama oemlogo.bmp dengan ukuran 180x114.

Membuat animasi warna pada logo startup
Jika Anda telah membaca artikel "Mengganti Logo Startup", Anda tentunya dapat sekarang telah dapat mengganti logo startup sendiri (tanpa bantuan program lain). Diantaranya pembaca mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat animasi warna yang terletak pada logo startup bagian bawah.

Untuk melakukan itu Anda dapat menggunakan program XrX Add Bar dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.
Jika Anda belum memiliki program XrX Add Bar, Anda dapat mendownloadnya di sini. Extract zip file hasil download tersebut dan jalankan file XrXAddBar.exe.

2.
Pada form utama XrXAddBar klik tombol Load. Pada kotak dialog yangmuncul, pilih image atau gambar yang akan digunakan sebagai logo.

Jika Anda sudah memilih image dan mengklik OK, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di samping.

Setelah Anda selesai melakukan berbagai setting pada Image Load Properties Anda dapat mengklik tombol OK.

3.
Saat berada pada form utama, Anda dapat menambahkan animasiwarna dengan mengklik pada tombol Add Bar .



4.
Pada kotak dialog Add Animation Bar ini, Anda dapat melakukan setting warna apa saja yang akan digunakan pada animasi.

Jika sudah selesai klik tombol Apply.

5.
Langkah terakhir adalah menginstall logo tersebut. Untuk itu klikpada tombol Install, maka akan muncul kotak dialog Logo Install Options. Di sini Anda dapat mengatur apakah logo yang Anda buat akan digunakan sebagai startup logo, please wait logo atau OK to shutdown logo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar